Tuesday, July 3, 2007

Kekuatan Kata-Kata

Seorang teman berujar dengan candanya “bersyukurlah di tubuhmu yang kecil terdapat jiwa yang besar, hati yang kuat dan kesabaran yang tak biasa... Sementara di tempat lain, ada yang bertubuh besar namun memiliki jiwa yang kecil, hati yang lemah dan pikiran yang sempit”. Saya tertawa dan mengatakan padanya bahwa pada akhirnya dia tega juga membicarakan hal yang sifatnya fisik. Tubuh saya memang tidak tinggi. Dia segera mengkoreksi pandangan saya terhadap kata-katanya walau sebenernya kami sama tau bukan itu yang menjadi titik persoalan dan saya hanya menanggapi semua itu dengan canda.

Dia kembali mengingatkan saya bahwa kata-katanya dimaksudkan untuk memastikan bahwa “Tuhan itu Maha Adil” dan keadilan Tuhan tidak bisa diukur dengan kesempurnaan segala sesuatu… tapi justru diukur dengan keseimbangan yang ada... Dengan kekurangan yang disertai kelebihan atau sebaliknya.

“Ujian sesungguhnya adalah ujian kehidupan, bagaimana kita belajar menerima dan menyikapinya dengan baik merupakan proses yang harus dilalui jika ingin sukses.. dan kamu sungguh luar biasa mampu melalui semua masalah itu…aku kagum, kamu hebat…” pujian terus mengalir dari bibirnya sampai saya tak bisa lagi mendengarkan. Sibuk tercenung dengan kata-katanya.. menilai ketulusan dari nada suaranya.. berusaha menangkap canda dari untaian kalimatnya…

“udah ah, becanda melulu..”

“aku serius… serius banget… aku bicara jujur… kamu luar biasa! Aku mengenal kamu bertahun-tahun… melihat dan mendengar kemajuan pesat dalam hidupmu.. baik itu secara mental, spiritual dan finansial”

Saya tertawa. Harus saya akui, penghargaannya pada diri saya telah menambah nilai bagi saya pribadi. Kata-katanya telah menambah kekuatan. Saya yang merasa orang biasa, tiba-tiba merasa menjadi luar biasa hanya karena dia mengatakan bahwa saya ‘luar biasa’ dan tiba-tiba ada kekuatan yang mendorong agar saya berusaha menjadi luar biasa.

Dampak sebuah kata-kata memang menakjubkan. Kata-kata negatif mau pun positif yang keluar dari mulut kita atau kita dengar di telinga kita tentunya secara signifikan akan memberi hasil yang berbanding lurus sehingga kita harus hati-hati dalam menyaring kata-kata.

Tiba-tiba saya ingin segera bertemu anak-anak dan mengatakan bahwa mereka adalah anak-anak yang luar biasa… (semoga kata-kata itu mampu menyemangati mereka untuk berusaha menjadi anak yang luar biasa bagi lingkungan sekitarnya. Tentunya dalam arti yang positif J )

“Terus berjuang dan tetap semangat” adalah kata-kata indah yang disampaikan seorang teman pada saya. Memang hanya sekedar kata-kata namun mampu membentuk sebuah sikap. Terima kasih atas waktu, dorongan semangat, doa dan keyakinan yang diberikan. Dan semoga persahabatan ini semata-mata adalah ketulusan rasa….

No comments: